Sabtu, 19 Oktober 2013

Pendahuluan Etika Sebagai Tinjauan

A.    Pengertian Etika
Etika merupakan hukum orang sosial. Etika merupakan hukum yang mengatur, mengendalikan serta membatasi perilaku manusia. Etika berasal dari bahasa Yunani adalah “Ethos” yang berarti adat istiadar atau kebiasaan yang baik. Etika biasanya berkaitanerat dengan perkataan moral yang merupakan istilah dari bahasa Latin, yaitu“Mos” dan dalam bentuk jamaknya “Mores”, yang berarti juga adat kebiasaan ataucara hidup seseorang dengan melakukan perbuatan yang baik (kesusilaan). Ada beberapa pendapat para ahli tentang etika, yaitu :
  • Dari  sudut pandang Kamus Besar Bahasa Indonesia terbitan Departemen Pendidikan dan Kebudayaan (1988) merumuskan pengertian etika dalam tiga arti sebagai berikut:
Ø  Ilmu tentang apa yang baik dan yang buruk, tentang hak dan kewajiban moral.
Ø  Kumpulan asas atau nilai yang berkenan dengan ahklak.
Ø  Nilai mengenai benar dan salah yang dianut masyarakat.
·         Menurut Drs.O.P. Simorangkir, etika sebagai padangan manusia dalam berprilaku menurut ukuran dan nilai yang baik.
·         Sedangkan menurut Drs. Sidi Gajalba, dalam sistematika filsafat etika adalah teori tentang tingkah laku oerbuatan manusia dipandang dari segi baik dan buruk, sejauh yang dapat ditentukan oleh akal.
·         Menurut Fagothey (1953), etika adalah studi tentang kehendak manusia, yaitu kehendak yang berhubungan dengan keputusan yang benar dan yang salah dalam tindak perbuatannya.
B.     Prinsip-prinsip Etika
Berikut ini adalah prinsip-prinsip etika yang merupakan landasan perilaku etika profesional, yaitu :
a.       Tanggung Jawab
Dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai profesional dan pertimbangan moral dalam semua aktifitas mereka.
b.      Kepentingan Masyarakat
Akuntan harus menerima kewajiban-kewajiban melakukan tindakan yang mendahulukan kepentingan masyarakat, mengahargai kepercayaan masyarakat dan menunjukkan komitmen pada profesional.
c.       Integritas
Untuk mempertahankan dan memperluas kepercayaan masyarakat, akuntan harus melaksanakan semua tanggung jawab profesional dan integritas.
d.      Objektivitas
Stiap anggota harus menjaga objektivitasnya dan bebas dari benturan kepentungan dalam pemenuhan kewajban profesionalnya.
e.       Kompetensi dan kehati-hatian
Setiap anggota harus melaksanakan jasa profesionalnya dengan kehati-hatian, kompetensi dan ketekunan, serta mempunyai kewajiaban untuk mempertahankan pengetahuan dan keterampilan profesional pada tingkat yang diperlukan.
f.       Perilaku Profesional
Setiap anggota harus berperilaku yang konsisten dengan reputasi profesi yang baik dan menjauhi tindakan yang dapat mendiskreditkan profesi.
g.      Standar Teknis
Setiap anggota harus melaksanakan jasa profesionalnya sesuai dengan standar teknis dan standar profesional yang relevan.

C.    Basis Teori Etika
a.       Etika Teleologi
Berasal dari kata Yunani, yaitu Telos adalah tujuan. Dalam etika teleologi terdapat 2 (dua) aliran, yaitu :
·         Egoisme Etis adalah tindakan dari setiap orang pada dasarnya bertujuan untuk mengejar pribadi dan memajukan dirinya sendiri tanpa memikirkan prang lain.
·         Utilitarianisme brasal dari bahasa latin utilis yang berarti bermanfaat.
b.      Deontologi
Istilah deontologi berasal dari kata Yunani “deon” yang berarti kewajiban. Yang menjadi dasar baik buruknya perbuatan adalah kewajiban.
c.       Teori Hak
Teori hak merupakan suatu aspek dari teori deontologi, karena berkaitan dengan kewajiban. Hak dan kewajiban bagaikan dua sisi uang logam yang sama.
d.      Teori Keutamaan (Virtue)
Keutamaan bisa didefinisikan  sebagai berikut : disposisi watak  yang telah diperoleh  seseorang dan memungkinkan  dia untuk bertingkah laku baik secara moral. Contoh keutamaan :
·         Kebijaksanaan
·         Keadilan
·         Suka bekerja keras
·         Hidup yang baik

D.    Egoism
Egoism tidak cocok dengan kegiatan manusia sebagai makhluk sosial. Egoism tidak mampu memecahkan masalah ketika perselisihan muncul. Terdapat “anomali aneh” dalam egoism (tidak dapat dipublikasikan, diajarkan, dibicarakan dengan terbuka)

0 komentar:

Posting Komentar