Jumat, 18 Februari 2011

pembangunan ekonomi

Nama   : Heni Afriliana Sari
NPM   : 23210233
Kelas   :1EB12

Pembangunan Ekonomi
Pembangunan ekonomi adalah suatu proses kenaikan dalam pendapatan total dan pendapatan perkapita dengan menghitung adanya pertambahan penduduk dalam suatu negara. Pembangunan ekonomi juga disertai dengan perubahan fundamental dalam struktur ekonomi negara suatu negara. Pengertian diatas dapat disimpulkan pembangunan ekonomi lebih bersifat kualitatif. Maksudnya disini adalah bukan hanya pertambahan produksi akan tetapi terdapat perubahan-perubahan dalam struktur produksi dan alokasi input dalam berbagai sektor perekonomian seperti dalam lembaga, pengetahuan, dan teknik.
Dalam pembangunan ekonomi banyak faktor yang mempengaruhi pembangunan suatu negara pada hakikatnya dapat dikempokakan menjadi dua, yaitu faktor ekonomi dan faktor nonekonomi. Yang mencakup sumber-sumber faktor ekonomi itu seperti sumber daya alam, sumber daya manusia, sumber daya modal, dan keahlian. Sedangkan faktor nonekonomi seperti lembaga sosial, struktur politik, dan pandangan masyarakat. Pembangunan ekonomi dapat diukur keberhasilannya dengan melalui kriteria sebagai berikut:
a.       Pendapatan Nasional
b.      Pendapatan Perkapita
c.       Distribusi Pendapatan
d.      Peranan Sektor Industri dan Jasa
e.       Kesempatan Kerja
f.       Stabilitas Ekonomi
g.      Neraca Pembayaran Luar Negeri
Dalam melaksanakan pembangunan, apalagi negara sedang berkembang dihadapkan kepada berbagai masalah, misalnya masalah dalam kekurangan modal, pengentahuan, pertumbuhan penduduk yang semakin meningkat, serta masalah sosial,budaya dan politik.


0 komentar:

Posting Komentar